Selasa, 21 Agustus 2012

RPP 2 GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2


     IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.       Nama Sekolah        
b.       Kelas                      
c.       Semester                
d.       Program                 
e.       Mata Pelajaran       
f.        Jumlah Pertemuan 
g.       Waktu                    
: MAN BERINGIN
: XI
: 1
: IPA/IPS
: Bahasa Arab
: 2 Kali Pertemuan
: 6 x 45 menit

A.      STANDAR KOMPETENSI
       MENYIMAK
1.       Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan      kesehatan

B.     KOMPETENSI DASAR
1.2      Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja dan kesehatan secara  tepat

C.     INDIKATOR
·           Menentukan tema dari wacana lisan
·           Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·           Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·           Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
·           Menentukan tema dari wacana lisan
·           Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·           Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·           Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

E.      MATERI AJAR

(١)

ص
الوحدة (ا) آمالنا
المراهقة
التقديم
(١۲)

ص
الوحدة (٢) حياة منظمة


(٣١)

ص
الوحدة (ا) عند الطبيب
الصحة

(٤٥)

ص
الوحدة (۲) النظافة في الإسلام



F.      METODE  PEMBELAJARAN
·      Ceramah
·      Tanya jawab
·      Diskusi
·      Drill


G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  Pertemuan 1
no
Langkah-langkah kegiatan
waktu
Nilai karakter siswa yang diharapkan
1
Kegiatan awal  ) pendahuluan )
15 menit

Ø  Absensi
Ø  Memotivasi siswa dengan menjelaskan tentang pentingnya kompetensi yang akan  dicapai.
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
Ø  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.



*   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2
Kegiatan inti
100 menit


Eksplorasi
Ø  Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Melibatkan peserta mencari      informasi yang luas dan dalam topik  و (حياة منظمة) (آمالنا ) مرحلة المراحقة yang akan dipelajari.
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø  Memperdengarkan wacana lisan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
Ø  Melafazkan wacana lisan
Ø  Mendiskusikan isi wacana lisan berkelompok
Ø  Menuliskan isi wacana lisan secara umum berkelompok
Ø  Memaparkan isi wacana lisan secara umum berkelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø  Guru meminta siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan tentang  tentang remaja  yang telah didengarnya



*   Tekun ( diligence )
*   Tanggung jawab ( responsibility )
*   Berani ( courage )
3
Kegiatan penutup
20 menit


 Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø  Merencanakan latihan



*   Dapat dipercaya (Trustworthines)
         


 Pertemuan 2
no
Langkah-langkah kegiatan
waktu
Nilai karakter siswa yang diharapkan
1
Kegiatan awal  ) pendahuluan )
15 menit

Ø  Absensi
Ø  Memotivasi siswa dengan menjelaskan tentang pentingnya kompetensi yang akan  dicapai.
Ø  Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
Ø  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.



*   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2
Kegiatan inti
100 menit


 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Melibatkan peserta mencari      informasi yang luas dan dalam topik   الصحة (عند الطبيب) و (النظافة في الإسلام) yang akan dipelajari.
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø  Memperdengarkan wacana lisan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
Ø  Melafazkan wacana lisan
Ø  Mendiskusikan isi wacana lisan berkelompok
Ø  Menuliskan isi wacana lisan secara umum berkelompok
Ø  Memaparkan isi wacana lisan secara umum berkelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø  Guru meminta siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan tentang  tentang  kesehatan yang telah didengarnya



*   Tekun ( diligence )
*   Tanggung jawab ( responsibility )
*   Berani ( courage )
3
Kegiatan penutup
20 menit


 Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian  terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Ø  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø  Merencanakan  latihan
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



*   Dapat dipercaya (Trustworthines)

H.     SUMBER BELAJAR
·                Buku paket Pelajaran Bahasa Arab  XI MA,DR.D.Hidayat.
·                Bahan Ajar Bahasa Arab
·                Kamus Arab-Indo Munawir (djvu)
·                Kamus Al-Mufid
·                Golden Al-Wafi Translator
·                Tasrif Digital
·                Gambar penunjang.

I.        PENILAIAN
Teknik penilaian          :
a)       Tugas individu (menyimak)
b)       tugas kelompok (menentukan tema, ide pokok, menulis informasi rinci dan mengidentifikasi kosakata
Bentuk instrumen        :
1.       Pilihan ganda
2.       Melengkapi kalimat
3.       Lisan
Instrumen soal            :
TERLAMPIR
Kunci jawaban            :
TERLAMPIR
          
















Sawahlunto,     Juli 2012
Guru Mata Pelajaran





Zulfitriadi, S.P.d.I
NIP. 197808152007101001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar