Selasa, 21 Agustus 2012

RPP 3 GANJIL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3


     IDENTITAS MATA PELAJARAN
a.       Nama Sekolah        
b.       Kelas                      
c.       Semester                
d.       Program                 
e.       Mata Pelajaran       
f.        Jumlah Pertemuan 
g.       Waktu                    
: MAN BERINGIN
: XI
: 1
: IPA/IPS
: Bahasa Arab
: 2 Kali Pertemuan
: 6 x 45 menit

A.      STANDAR KOMPETENSI
       BERBICARA
      2.  Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan           kesehatan

B.     KOMPETENSI DASAR
2.1   Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja  dan kesehatan dengan lafal yang tepat

C.     INDIKATOR
·           Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·           Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·           Menyampaikan informasi sesuai konteks

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
 Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu:
·           Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·           Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·           Menyampaikan informasi sesuai konteks

E.      MATERI AJAR
(٤,٥)

ص
آمالنا في المستقبل
الحوار
(١٥)

ص
حياة منظمة

(٣٤)

ص
أ – مم تشكو ؟

(٣٥)

ص
ب – ماذا بك ؟

(٣٦)

ص
ج – عيادة صديق

(٣٦)

ص
د – عند الصيدلي

(٣۸,٣۹)

ص
النظافة في الإسلام


F.      METODE  PEMBELAJARAN
·      Ceramah
·      Pemodelan
·      Tanya jawab
·      Drill

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
WAKTU
Nilai karakter siswa yang diharapkan
1
Pendahuluan
15 menit

Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
Ø Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya



*   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2
Kegiatan Inti
100 menit


Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Melibatkan peserta mencari      informasi yang luas dan dalam topik  و (حياة منظمة) ( آمالنا )       حوار yang akan dipelajari.
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø  Memperdengarkan حوار
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
Ø  Melafazkan hiwar
Ø  Siswa membuat hiwar sederhana testruktur sesuai konteks bersama temannya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø  Guru meminta siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan hiwar  tentang remaja  yang telah didengarnya
Ø  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
Ø  Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat



*   Tekun ( diligence )
*   Tanggung jawab ( responsibility )
*   Berani ( courage )
3
Penutup
20 menit


Ø  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa


*   Dapat dipercaya (Trustworthines)
      
   Pertemuan 2
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
WAKTU
Nilai karakter siswa yang diharapkan
1
Pendahuluan
15 menit

Ø  Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
Ø  Guru mengecek kehadiran siswa
Ø  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
Ø  Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya



*   Rasa hormat dan perhatian ( respect )
2
Kegiatan Inti
100 menit


Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Melibatkan peserta mencari      informasi  tentang   hiwar  (topik kesehatan)  yang akan dipelajari.
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø  Memperdengarkan hiwar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa :
Ø  Mengulangi/menirukan hiwar
Ø  Menjawab secara lisan mengenai isi hiwar dengan tepat
Ø  Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
Ø  Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø  Guru meminta siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan hiwar  tentang remaja  yang telah didengarnya
Ø  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
Ø  Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat



*   Tekun ( diligence )
*   Tanggung jawab ( responsibility )
*   Berani ( courage )
3
Penutup
20 menit


Ø   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa





*   Dapat dipercaya (Trustworthines)

H.     SUMBER BELAJAR
·           Buku paket Pelajaran Bahasa Arab  XI MA,DR.D.Hidayat.
·           Bahan Ajar Bahasa Arab
·           Kamus Arab-Indo Munawir (djvu)
·           Kamus Al-Mufid
·           Golden Al-Wafi Translator
·           Tasrif Digital
·           Gambar penunjang.

I.        PENILAIAN
Teknik penilaian          :
a)       Tugas individu
b)       tugas kelompok
Bentuk instrumen        :
1.       Uraian bebas
Instrumen soal            :
TERLAMPIR
Kunci jawaban            :
TERLAMPIR

















Sawahlunto,     Juli 2012
Guru Mata Pelajaran





Zulfitriadi, S.P.d.I
NIP. 197808152007101001

                                                                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar