RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah
b. Kelas
c. Semester
d. Program
e. Mata Pelajaran
f.
Jumlah
Pertemuan
g. Waktu
|
: MAN BERINGIN
: XI
: 1
: IPA/IPS
: Bahasa Arab
: 1 Kali Pertemuan
: 3 x 45 menit
|
A.
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog tentang remaja dan kesehatan
B.
KOMPETENSI DASAR
3.3
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
C. INDIKATOR
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
E.
MATERI AJAR
(٥,٦)
|
ص
|
مرحلة
المراهقة
|
القراءة
|
(١٦)
|
ص
|
الحياة
الصحية
|
|
(٣٧)
|
ص
|
أ
– عند الطبيب
|
|
(٣٧,٣۸)
|
ص
|
ب
– عيادة المريض
|
|
(٤۹,٥۰)
|
ص
|
صحة
الجسم في الإسلام
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Pemodelan
·
Tanya jawab
·
Diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan
dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi yang
akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan
Inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Menggunakan pendekatan
pembelajaran
dan sumber
belajar.
Ø Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø
Guru membagi
siswa kepada beberapa kelompok
Ø
Guru
menjelaskan beberapa kosakata yang masih dirasa sulit oleh siswa.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, siswa :
Ø Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari
wacana tulis
secara berkelompok
Ø Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb secara
berkelompok
Ø Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari
wacana tulis
secara berkelompok
Ø Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø Memberikan pertanyaan tentang informasi-
informasi yang ada dalam qiraah yang ditugaskan pada mereka
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup,
guru :
Ø Bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan penilaian
Ø Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran
Ø Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
H.
SUMBER BELAJAR
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab XI MA,DR.D.Hidayat.
·
Bahan Ajar
Bahasa Arab
·
Kamus Arab-Indo Munawir (djvu)
·
Kamus Al-Mufid
·
Golden Al-Wafi Translator
·
Tasrif Digital
·
Gambar penunjang.
I.
PENILAIAN PENILAIAN
Teknik penilaian :
|
a)
tugas
kelompok
|
Bentuk instrumen :
|
1.
Uraian
(menjawab sesuai informasi teks qiraah)
|
Instrumen
soal :
|
TERLAMPIR
|
Kunci jawaban :
|
TERLAMPIR
|
Sawahlunto, Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran
Zulfitriadi,
S.P.d.I
NIP.
197808152007101001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar