RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah
b. Kelas
c. Semester
d. Program
e. Mata Pelajaran
f.
Jumlah
Pertemuan
g. Waktu
|
: MAN BERINGIN
: XI
: 1
: IPA/IPS
: Bahasa Arab
: 1 Kali Pertemuan
: 3 x 45 menit
|
A.
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog tentang remaja dan kesehatan
B.
KOMPETENSI DASAR
3.2. Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
C. INDIKATOR
· Menentukan ide pokok dari wacana tulis
· Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
· Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
· Menentukan ide
pokok dari wacana tulis
· Menentukan
informasi rinci dari wacana tulis
·
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
E.
MATERI AJAR
(٥,٦)
|
ص
|
مرحلة
المراهقة
|
القراءة
|
(١٦)
|
ص
|
الحياة
الصحية
|
|
(٣٧)
|
ص
|
أ
– عند الطبيب
|
|
(٣٧,٣۸)
|
ص
|
ب
– عيادة المريض
|
|
(٤۹,٥۰)
|
ص
|
صحة
الجسم في الإسلام
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Pemodelan
·
Tanya jawab
·
Diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan
dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi yang
akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan
Inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Menggunakan pendekatan
pembelajaran
dan sumber
belajar.
Ø Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø
Guru membagi
siswa kepada beberapa kelompok
Ø
Guru
menjelaskan beberapa kosakata yang dirasa sulit
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, siswa :
Ø Menentukan ide pokok dari wacana tulis tentang
remaja dan kesehatan secara berkelompok
Ø Menentukan informasi rinci dari wacana tulis tentang
remaja dan keehatan secara berkelompok
Ø Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks tentang
remaja dan kesehatan secara berkelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø Memberikan pertanyaan tentang ide
pokok,makna ungkapan dan informasi rinci qiraah yang ditugaskan pada mereka
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup,
guru :
Ø Bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan penilaian
Ø Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
H.
SUMBER BELAJAR
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab XI MA,DR.D.Hidayat.
·
Bahan Ajar
Bahasa Arab
·
Kamus Arab-Indo Munawir (djvu)
·
Kamus Al-Mufid
·
Golden Al-Wafi Translator
·
Tasrif Digital
·
Gambar penunjang.
I.
PENILAIAN
Teknik penilaian :
|
a)
tugas
kelompok
|
Bentuk instrumen :
|
1.
Uraian
(menjawab sesuai informasi teks qiraah)
|
Instrumen
soal :
|
TERLAMPIR
|
Kunci jawaban :
|
TERLAMPIR
|
Sawahlunto, Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran
Zulfitriadi,
S.P.d.I
NIP.
197808152007101001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar