RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah
b. Kelas
c. Semester
d. Program
e. Mata Pelajaran
f.
Jumlah
Pertemuan
g. Waktu
|
: MAN BERINGIN
: XI
: 1
: IPA/IPS
: Bahasa Arab
: 2 Kali Pertemuan
: 6 x 45 menit
|
A.
STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau
dialog tentang remaja dan kesehatan
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Membaca
nyaring kata, frasa dan atau kalimat
dalam wacana tertulis tentang remaja dan kesehatan dengan tepat
C. INDIKATOR
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa diharapkan mampu:
· Melafalkan
kata/frasa/kalimat dengan tepat
· Membaca nyaring
kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
E.
MATERI AJAR
(٥,٦)
|
ص
|
مرحلة
المراهقة
|
القراءة
|
(١٦)
|
ص
|
الحياة
الصحية
|
|
(٣٧)
|
ص
|
أ
– عند الطبيب
|
|
(٣٧,٣۸)
|
ص
|
ب
– عيادة المريض
|
|
(٤۹,٥۰)
|
ص
|
صحة
الجسم في الإسلام
|
F.
METODE PEMBELAJARAN
· Ceramah
· Pemodelan
· Demonstrasi
· Tanya jawab
· Membaca nyaring
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan
dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi yang
akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan
Inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Menggunakan pendekatan
pembelajaran
dan sumber
belajar.
Ø Memfasilitasi siswa
untuk mendengarkan qiraah tentang remaja
Ø Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø
Guru menjelaskan memperdengarkan
qiraah tentang remaja
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
Ø Siswa mengulangi qiraah yang diperdengarkan guru
Ø Siswa melafazkan materi
qiraah kalimat demi kalimat.
Ø Siswa membaca dengan nyaring materi qiraah di
depan kelas secara bergantian.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø Memberikan pertanyaan tentang tema qiraah
yang telah dibaca
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup,
guru :
Ø Bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan penilaian
Ø Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
Pertemuan 2
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
Ø Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan
dan menanyakan kabar siswa.
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan informasi tentang materi yang
akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan
Inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Menggunakan pendekatan
pembelajaran
dan sumber
belajar.
Ø Memfasilitasi siswa
untuk mendengarkan qiraah tentang kesehatan
Ø Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø
Guru menjelaskan memperdengarkan
qiraah tentang kesehatan
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
Ø Siswa mengulangi qiraah yang diperdengarkan guru
Ø Siswa melafazkan materi
qiraah kalimat demi kalimat.
Ø Siswa membaca dengan nyaring materi qiraah di
depan kelas secara bergantian.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø Memberikan pertanyaan tentang tema qiraah
yang telah dibaca
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup,
guru :
Ø Bersama-sama dengan
peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan penilaian
Ø Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
H.
SUMBER BELAJAR
·
Buku paket
Pelajaran Bahasa Arab XI MA,DR.D.Hidayat.
·
Bahan Ajar
Bahasa Arab
·
Kamus Arab-Indo Munawir (djvu)
·
Kamus Al-Mufid
·
Golden Al-Wafi Translator
·
Tasrif Digital
·
Gambar penunjang.
I.
PENILAIAN
Teknik penilaian :
|
a)
Tugas
individu
|
Bentuk instrumen :
|
1.
Unjuk
kerja
2.
Lisan
|
Instrumen
soal :
|
TERLAMPIR
|
Kunci jawaban :
|
TERLAMPIR
|
Sawahlunto, Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran
Zulfitriadi,
S.P.d.I
NIP.
197808152007101001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar