RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah :
b. Kelas :
c. Semester :
d. Program :
e. Mata Pelajaran :
f.
Jumlah
Pertemuan :
g. Waktu :
|
MAN BERINGIN
XI
1
IPA/IPS
Bahasa Arab
2 Kali Pertemuan
6 x 45 menit
|
A.
STANDAR
KOMPETENSI
MENYIMAK
1.
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang remaja dan kesehatan
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat ) tentang remaja dan
kesehatan dengan tepat
C. INDIKATOR
·
Mencocokkan tulisan dengan kata,
frasa atau kalimat yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang
disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran yang
didengar
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu:
·
Mencocokkan tulisan dengan kata,
frasa atau kalimat yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang
disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran yang
didengar
E.
MATERI AJAR
( ۲ , ١۲ , ٣١ , ٤٥ )
|
ص
|
المفردات
|
( ۲
,٣ , ١٣ , ٣٣ , ٤٦ )
|
ص
|
الأفعال
|
( ٣
, ١٣ , ٣٣ )
|
ص
|
العبارات
|
الصور
|
F.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
·
Drill
·
Tanya jawab
·
Imla
·
Demonstrasi
unjuk kerja
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
No
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Waktu
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Kegiatan awal ) pendahuluan )
|
15 menit
|
|
Ø Absensi
Ø Memotivasi
siswa dengan menjelaskan tentang pentingnya kompetensi yang akan dicapai.
Ø Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
Ø Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø Melibatkan peserta mencari
informasi yang luas dan dalam topik و (حياة منظمة) (آمالنا ) مرحلة المراهقة yang akan dipelajari.
Ø Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø Guru menjelaskan tentang mufradat
yang berkaitan dengan
Ø و (حياة منظمة) (مالنا.) مرحلة المراهقة
Ø Guru memperdengarkan mufradat kepada siswa
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi siswa :
Ø Siswa melafazkan mufradat
Ø Menyebutkan mufradat yang didengar
Ø Menterjemahkan mufradat yang
didengar dengan bantuan guru
Ø Mencocokkan
gambar dengan ujaran yang didengar
Ø Menuliskan
beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
Ø Menentukan
benar atau salah ujaran yang di dengar
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø
Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam
bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø
Guru meminta siswa menyebutkan mufradat tentang tentang remaja yang telah didengarnya
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Kegiatan penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
Ø Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø latihan atau pengayaan
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
Pertemuan 2
no
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Waktu
|
Nilai karakter siswa yang
diharapkan
|
1
|
Kegiatan awal ) pendahuluan )
|
15 menit
|
|
Ø Absensi
Ø Memotivasi
siswa dengan menjelaskan tentang pentingnya kompetensi yang akan dicapai.
Ø Menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
Ø Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengkaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari.
|
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
|
||
2
|
Kegiatan inti
|
100 menit
|
|
Eksplorasi
Ø Dalam kegiatan eksplorasi,
guru :
Ø Melibatkan peserta mencari
informasi yang luas dan dalam topik الصحة (عند اطبيب) و (النظافة في الإسلام)yang akan
dipelajari.
Ø Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
Ø Guru menjelaskan tentang mufradat
yang berkaitan dengan الصحة
(عند الطبيب) و (النظافة في الإسلام) dalam bahasa arab
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi siswa :
Ø Siswa melafazkan mufradat
Ø Menyebutkan mufradat yang didengar
Ø Menterjemahkan mufradat yang
didengar dengan bantuan guru
Ø Mencocokkan
gambar dengan ujaran yang didengar
Ø Menuliskan
beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
Ø Menentukan
benar atau salah ujaran yang di dengar
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
Ø
Memberikan umpan balik positif dan pengetahuan dalam
bentuk lisan terhadap keberhasilan peserta didik
Ø
Guru meminta siswa menyebutkan mufradat tentang tentang kesehatan yang telah didengarnya
|
Tekun (
diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Berani (
courage )
|
||
3
|
Kegiatan penutup
|
20 menit
|
|
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan materi pelajaran.
Ø Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram.
Ø Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
Ø Merencanakan
latihan atau pengayaan
Ø Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Dapat dipercaya (Trustworthines)
|
H.
SUMBER BELAJAR
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab XI
MA,DR.D.Hidayat.
·
Bahan Ajar Bahasa Arab
·
Kamus
Arab-Indo Munawir (djvu)
·
Kamus
Al-Mufid
·
Golden
Al-Wafi Translator
·
Tasrif
Digital
·
Gambar
penunjang.
|
I.
PENILAIAN
Teknik penilaian :
|
a) Tugas individu (menyimak)
|
Bentuk instrumen :
|
1. Pilihan ganda
2. Lisan
|
Instrumen
soal :
|
TERLAMPIR
|
Kunci jawaban :
|
TERLAMPIR
|
Sawahlunto, Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran
Zulfitriadi,
S.P.d.I
NIP.
197808152007101001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar